Tuesday, June 21, 2011

Nyeri Pinggang Karena Efek Bius?

Dapat dikatakan semua tindakan medis selalu diiringi dengan efek samping, meskipun itu efek samping yang sangat minimal dan kurang berarti sekalipun. Anestesi spinal yang bisa dilakukan pada operasi SC (section cesarea) dilakukan dengan menyuntikkan jarum ke ruang subarachnoid di tulang belakang yang berisi cairan. Penyuntikan ini mengharuskan jarum menembus jaringan pelindung cairan tersebut. Kerusakan jaringan pelindung dapat memberikan nyeri setelah suntikan.

Komplikasi akibat anestesi spinal akan muncul segera atau menyertai tindakan anestesi yang dilakukan sehingga dapat diantisipasi dengan segera oleh dokter. Komplikasi yang sering terjadi antara lain sensasi menggigil, penurunan tekanan darah dan nyeri punggung dan nyeri kepala yang berlangsung sementara. Tapi kejadian nyeri setelah anestesi spinal sangat jarang terjadi, bahkan dapat kurang dari 2 persen.

Nyeri punggung yang berlangsung lama setelah tindakan anestesi lebih sering diakibatkan oleh trauma, akibat beban tubuh untuk mengangkat barang berat, adanya gangguan atau peradangan tulang dan otot, atau gangguan posisi saat beristirahat.

Source

No comments:

Post a Comment